“Gubernur Mengajar” di SMK Cordova Margoyoso

95

Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo SH,MIP, Rabu 18/1/2017 mengadakan kegiatan “Gubernur Mengajar” di  SMK Cordova Margoyoso. Dalam kesempatan tersebut Gubernur didampingi beberapa pimpinan SKPD Jateng dan pejabat dari Forpinda Kabupaten Pati dan Forpimcam Margoyoso serta rombongan awak media Propinsi. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Ummul Quro SMK Cordova.

20Di depan murid-murid SMK Cordova Margoyoso, Gubernur menekankan pentingnya menanamkan jiwa kewirausahaan di kalangan para pelajar agar mereka kelak siap berkompetisi di dunia kerja. Ganjar mengajak para siswa mencontoh kegigihan dan kreatifikas Jack Ma, orang terkaya kedua di Cina yang mencetuskan situs pemasaran online Alibaba. Jack Ma ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi impiannya, namun dia tidak diterima di sana. Jack Ma pantang menyerah lalu dia memilih kuliah di perguruan tinggi tidak terkenal sambil merintis bisnis e-commerce-nya. Karena masih kekurangan modal, Jack Ma mengajukan bantuan modal kepada pemerintah. Lagi-lagi, dia ditolak. Dengan kegigihan dan keuletannya Jack Ma lambat laun berhasil membesarkan e-commerce-nya yang dikenal dengan nama Alibaba.com. Ketika bisnisnya sukses, banyak pihak yang ingin membeli perusahaan tersebut namun Jack Ma menolah untuk mejualnya.

Ganjar juga mengajak siswa untuk mengasah kreatifitasnya karena dengan kreatifitas dan inovasi sebuah produk bisa menjadi berlipat ganda harganya. Contohlah gula semut Banyumas, dulu dijual oleh pedagang eceran dengan harga 12.000 per kg, namun dengan kemasan dan pola produksi yang inovatif kini gula semut bisa dijual bahkan sampai 100 ribu per kg, kata Gubernur kepada para murid.

5Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ganjar memberikan apresiasi kepada murid-murid SMK Cordova Margoyoso yang telah mencetuskan produk Kopi Pati. Kopi Pati aslinya adalah produk kopi hasil olahan tradisional petani kopi di lereng gunung Muria, tepatnya di desa Plukaran, Gembong. Produk tersbut dikemas dengan kemasan inovatif sedemikian rupa oleh murid-murid SMK Cordova Margoyoso sehingga layak dipasarkan kepada masyarakat luas dan menjadi salah satu produk khas Pati. Dengan lahirnya Kopi Pati tersebut, masyarakat Pati juga diajak berkesadaran bahwa Pati juga mempunyai produk kopi yang khas. Kreatifitas seperti ini harus terus dikembangkan secara kontinyu sehingga Kopi Pati kelak akan mempunyai produk-produk turunan yang makin banyak lagi seprti kopi Starbuck, tegas Ganjar.

Gubernur Ganjar dalam kegiatan Gubernur Mengajar tersebut juga memberikan bingkisan hadiah kepada para murid yang menyampaikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan selama belajar dari Gubernur. Hadir dalam acara tersebut pimpinan yayasan Al-Zahra Hajain yang menaungi SMK Cordova antara lain KH Ahmad Zakcy Fuad Abdullah pengasuh pesantren PMH Al-Kautsar dan seluruh jajaran pengurus yayasan.

Kegiatan “Gubernur Mengajar” merupakan kegiatan rutin Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi daerah. Dalam kunjungan ke Pati kali ini, SMK Cordova Margoyoso dipilih Gubernur karena dinilai mampu melahirkan produk-produk kreatif. Acara berjalan cukup meriah dan hidup dengan sekali-sekali disambut tepuk tangan para murid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here