SMK Cordova Margoyoso Kembangkan Program Ujian Berbasis Komputer

153

Terbitnya  Surat Edaran Mendikbud No 1/2017 tertanggal 10 Januari 2017 yang mewajibkan seluruh sekolah yang memiliki komputer lebih dari 20 unit dan 1 server untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), membuat para guru di SMK Cordova berfikir keras. Yaitu untuk menyiapkan perangkat pendukungnya, baik yang berupa sarana prasarana dan substansinya. Salah satu kegiatan yang biasanya dilaksanakan dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional adalah try out. Jika Ujiannya menggunakan komputer, tentu try out yang pas juga menggunakan komputer, tidak menggunakan kertas.  Sayangnya Kementerian Pendidikan tidak menyediakan perangkat lunak try out tersebut.

Itulah yang melatarbelakangi guru Teknologi Informasi di SMK Cordova Margoyoso yang diprakarsai oleh Akhidur Rauf untuk mengembangkan perangkat lunak yang mudah dioperasikan untuk melaksanakan Ujian Berbasis Komputer termasuk untuk Try Out UNBK. Setelah melewati beberapa kali trial and error akhirnya perangkat lunak tersebut berhasil dioperasikan dengan baik. Murid-murid SMK Cordova Margoyoso Pati kini melaksanakan Try Out UNBK dengan menggunakan komputer. Bahkan menurut Kepala Sekolah SMK Cordova, Muhammad Niam program CBT ini nantinya akan digunakan untuk ujian-ujian lainnya seperti ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan semesteran. “Saatnya era paperless, yaitu masanya mengelola pendidikan dengan tanpa kertas atau seminimal mungkin menggunakan kertas”, tandasnya.

Menurut Akhidur Rauf, guru pengembang software ini, program serupa banyak di pasaran, tetapi kebanyakan tidak 100% memenuhi kebutuhan sekolah, mengingat masing-masing sekolah mempunyai ciri khas dalam melaksanakan ulangan, sementara pengembang terkadang tidak memahami kebutuhan sekolah  tersebut. Dengan mengembangkan program dari dalam sekoleh, Rauf memastikan program ini bisa memenuhi kebutuhan sekolahnya.

Fasilitas yang dimiliki program ini adalah sistem hirarki akun yang membedakan antara administrator, guru dan murid. Guru bisa menyusun soal dan jawabannya dalam tabel Excel yang telah disediakan dan bisa langsung dimasukkan ke dalam program CBT tersebut. Soal yang dibuat bisa memuat gambar dan bahkan suara atau video. Program ini juga dilengkapi dengan sistem penilaian, sehingga begitu siswa telah menyelesaikan ulangannya, nilai langsung muncul.

Beberapa sekolah di sekitar SMK Cordova Margoyoso juga tertarik untuk mengadopsi program tersebut. Salah satunya dalah SMP Negeri 1 Margoyoso, telah memanfaatkan program ini untuk kegiatan tryoutnya. Program ini cocok untuk sekolah-sekolah yang sudah mempunyai laboratorium komputer, khususnya yang berencana memaanfaatkan laboratoriumnya untuk ujian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here